"Setiap kamu adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan DIMINTAI PERTANGGUNGJAWABAN terhadap apa yang dipimpin. Seorang suami adalah pemimpin bagi anggota keluarganya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang telah dipimpinnya atas mereka." (HR. Muslim);;********;;Firman Alah SWT: Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa ang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (QS. At Tahrim 66:6);;;********;;Seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain, dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihat (kepadanya), kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.(An-Najm: 36-41).****“Sebaik-baik kamu adalah yang terbaik terhadap keluarganya dan aku adalah yang terbaik daripada kamu terhadap keluargaku”. (Riwayat At-Tirmizi)***“Mukmin yang paling sempurna imannya ialah yang paling baik akhlaknya. Orang yang paling baik diantara kamu adalah orang yang paling baik melayani isterinya”. (Riwayat At-Tirmizi)
"HARI KESAKTIAN PANCASILA 1 OKTOBER 2013

Minggu, 05 Mei 2013

Guru Prestasi

Seorang guru dalam melaksanakan tugas pokoknya selalu menggunakan seperangkat kegiatan dengan media/alat peraga yang terpilih mampu membantu mempermudah pembelajaran. Akan tetapi yang lebih sering terjadi adalah media yang dibuat dan dipergunakan tersebut tidak didokumentasi apalagi dibuatlah laporan pembuatan alat peraga yang disahkan pejabat terkait.
Alat peraga tersebut hanya menumpuk di atas almari kelas yang kemudian terbuang karena dianggap mengotori kelas. Padahal seandainya terawat dalam sebuah almari khusus dan dibuatkan laporan pembuatan dengan benar...alat peraga tersebut amat bernilai bagi seorang guru.
Apalagi seorang guru yang mampu membuat karya inovasi, karya tersebut mampu memberi nilai plus bagi guru tersebut.
Begitu banyak power point yang dibuat untuk membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran, namun toh hanya berhenti pada pembuatan dan pemanfaatan saja, tidak sampai pada pengesahan pejabat terkait yang akhirnya tak ada nilai plusnya bagi sang guru.
Banyak hal yang menyebabkan guru tidak memikirkan untuk mengesahkan media yang dibuat, antara lain kesibukan yang teramat. Betapa tidak, seorang guru yang harus mengajar, membuat seperangkat persiapan pembelajaran, mengadakan remidi, mempersiapkan lomba-lomba, mempersiapkan sukses UN, melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler, ditambah menjadi operator SD, menjadi petugas inventaris SD, dan menjadi bendahara BOS.
Jangan dibayangkan, akan tetapi cobalah laksanakan sehingga tanpa kata pun dapat pemahaman langsung betapa REPOTnya.
Al hasil, ketika ditunjuk mengikuti lomba guru prestasi..dalam waktu 5 hari...????!!!!!!!!????
Manalah mungkin dalam waktu 5 hari mampu mengais seluruh alat peraga yang tak terdokumentasi dan belum dilegalitas pejabat terkait sampai Dindikbud.
Tanpa media tersebut, seorang guru tak mempunyai nilai tambahan....tak punya...mohon maaf..hari sepanjang tahun mengapa hanya 5 hari yang teringat ?????!!!!!

Oleh : Mustinah, S.Pd.SD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar