"Setiap kamu adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan DIMINTAI PERTANGGUNGJAWABAN terhadap apa yang dipimpin. Seorang suami adalah pemimpin bagi anggota keluarganya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang telah dipimpinnya atas mereka." (HR. Muslim);;********;;Firman Alah SWT: Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa ang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (QS. At Tahrim 66:6);;;********;;Seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain, dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihat (kepadanya), kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.(An-Najm: 36-41).****“Sebaik-baik kamu adalah yang terbaik terhadap keluarganya dan aku adalah yang terbaik daripada kamu terhadap keluargaku”. (Riwayat At-Tirmizi)***“Mukmin yang paling sempurna imannya ialah yang paling baik akhlaknya. Orang yang paling baik diantara kamu adalah orang yang paling baik melayani isterinya”. (Riwayat At-Tirmizi)
"HARI KESAKTIAN PANCASILA 1 OKTOBER 2013

Kamis, 18 Oktober 2012

Pembelajaran Mulok Tata Boga

Panggang masakanku
Tempe Karyaku
Pelaksanaan Pembelajaran menggunakan metode demonstrasi merupakan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Apalagi yang mereka praktekkan adalah memasak. Masakan yang setiap hari mereka santap di rumah tanpa pernah tahu bagaimana proses memasaknya, sekarang di sekolah mereka harus mempraktekkannya. Antara ragu-ragu dan tidak tahu karena mereka tidak pernah melaksanakan kegiatan tersebut di rumah, peserta didik dengan penuh ketekunan belajar untuk mengiris tempe untuk digoreng. Kegiatan yang sangat mudah bagi yang sudah terbiasa tapi teramat sulit bagi mereka yang belum pernah sama sekali mengiris tempe.
Tempe goreng
Panggang sambal
Melihat hasil irisan tempe yang bergelombang, mereka pun tertawa namun tak putus asa untuk mencoba berlatih mengiris tempe.

Di sudut lain, sekelompok peserta didik laki-laki sedang sibuk menanak nasi. Walaupun sudah dijelaskan ukuran memberi air untuk menanak nasi, toh mereka belum puas juga dengan hasil kerjanya. Mereka berkonsultasi dengan guru tentang berapa banyak air untuk menanak nasi. Dengan penuh perhatian mereka mengikuti saran dari guru.

Bahan sayur


Kesibukan nampak di kelompok lain yang sedang mempersiapkan bahan untuk menggoreng ikan panggang dan sambal.
Satu kelompok lagi disibukkan membersihkan sayur mayur dan bumbu untuk membuat sayur bening.

Membuat sayur
Empat kelompok peserta didik kelas V SD Negeri 03 Pododadi yang siap beraksi menunjukkan kemampuannya dalam menyajikan masakan siang ini.
Pelaksanaan pembelajaran ini tentu saja masih mendapatkan pengawasan yang ekstra dari guru, karena penggunaan alat yang kurang hati-hati mungkin melukai mereka seperti pisau atau kompor gas.
Guru selalu mendampingi selama mereka melaksanakan kegiatan, sehingga kelihatan sibuk membantu mereka yang mengalami kesulitan.

Siapkan buah
Bahagia, puas dan lega ketika masakan mereka telah matang dan disiapkan di atas meja makan. Setelah mendapat penilaian dari guru, dengan dipimpin ketua kelas mereka berdoa untuk mulai menikmati masakan bersama-sama. Alhamdulillah...akhirnya ada kesempatan juga untuk praktek memasak.
Berdoa bersama
Makan bersama
"Besok lagi ya, bu.." kata mereka serempak
Oleh : Mustinah, S.Pd.SD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar