Kegiatan yang paling menyenangkan bagi siswa-siswi SD Negeri 03 Pododadi Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan adalah melaksanakan pembelajaran praktik. Seperti yang dilaksanakan oleh siswa-siswi kelas V SD Negeri 03 Pododadi sedang melaksanakan praktik penguraian warna cahaya.
Di bawah bimbingan guru kelas V Ibu Mustinah, S.Pd.SD mereka diberi kesempatan untuk menemukan penguaraian warna cahaya matahari di halaman sekolah. Setelah menerima penjelasan singkat mereka berlomba untuk menemukan penguraian warna cahaya matahari dengan menggunakan air dalam wadah, cermin, dan dipantulkan ke tembok sekolah sebagai layar.
Satu kelompok siswa telah menemukan penguraian warna cahaya yang tampak cahaya warna-warni di tembok. Betapa gembira siswa yang berhasil menemukan terlebih dahulu dan siswa yang lain masih dalam upaya untuk menguraikan warna cahaya. Keceriaan seperti ini seakan permainan padahal ini adalah pembelajaran, jadi sebuah pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, karena siswa tidak merasa didoktrin untuk menelan materi secara teori tetapi siswa diberi kesempatan untuk menemukan sendiri konsep sambil bermain.
Keuntungan pembelajaran seperti ini (1) Siswa belajar tanpa tekanan, belajar seperti bermain, (2) Siswa tidak verbalisme, (3) Konsep yang diterima siswa akan tahan lama dalam ingatan.
Bentuk pembelajaran seperti ini adalah belajar penemuan, yang merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang diterapkan di Indonesia. Belajar penemuan menurur Bruner adalah proses belajar dimana guru harus menciptakan situasi belajar yang problematis, menstimulus siswa dengan pertanyaan-pertanyaan, mendorong siswa mencari jawaban sendiri dan melakukan eksperimen. Menurut Bruner, belajar penemuan pada akhirnya dapat meningkatkan penalaran dan kemampuan untuk berfikir secara bebas dan melatih keterampilan kognitif siswa dengan pengetahuan yang telah dimiliki dan menghasilkan pengetahuan yang benar-benar bermakna bagi dirinya.
Dalam belajar penemuan, seorang guru memberi kesempatan seluas-luasnya kepada siswanya untuk mendapatkan konsep-konsep yang belum disampaikan guru dengan pendekatan belajar problem solving.
Manfaat Belajar Penemuan:
1. Digunakan untuk menguji apakah belajar sudah bermakna.
2. Pengetahuan yang diperoleh siswa akan tersimpan lama dan mudah diingat.
3. Dapat digunakan untuk memecahkan masalah, sebab yang diinginkan adalah agar siswa dapat
mendemonstrasikan pengetahuan yang diterimanya.
4. Transfer dapat ditingkatkan setelah generalisasi ditemukan sendiri oleh siswa.
5. Mempunyai pengaruh dalam menciptakan motivasi belajar siswa.
6. Meningkatkan penalaran siswa dan kemampuan berfikir bebas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar