"Setiap kamu adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan DIMINTAI PERTANGGUNGJAWABAN terhadap apa yang dipimpin. Seorang suami adalah pemimpin bagi anggota keluarganya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang telah dipimpinnya atas mereka." (HR. Muslim);;********;;Firman Alah SWT: Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa ang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (QS. At Tahrim 66:6);;;********;;Seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain, dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihat (kepadanya), kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.(An-Najm: 36-41).****“Sebaik-baik kamu adalah yang terbaik terhadap keluarganya dan aku adalah yang terbaik daripada kamu terhadap keluargaku”. (Riwayat At-Tirmizi)***“Mukmin yang paling sempurna imannya ialah yang paling baik akhlaknya. Orang yang paling baik diantara kamu adalah orang yang paling baik melayani isterinya”. (Riwayat At-Tirmizi)
"HARI KESAKTIAN PANCASILA 1 OKTOBER 2013

Selasa, 19 April 2011

Belajar Penemuan 2

Tahap-tahap Penerapan Belajar Penemuan menurut Muhibbin Syah (1995):
1. Kegiatan dimulai dengan memberikan pertanyaan yang merangsang berpikir siswa, menganjurkan dan mendorongnya untuk membaca buku dan aktivitas belajar lain yang mengarah pada persiapan pemecahan masalah.
2. Problem statement (mengidentifikasi masalah); memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang relevan dengan bahan pelajaran, kemudian memilih dan merumuskannya dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara dari masalah tersebut)
3. Data collection (pengumpulan data); memberikan kesempatan kepada siswa mengumpulkan informasi yang relevan sebanyak-banyaknya untuk membuktikan benar tidaknya hipotesis tersebut.
4. Data processing (pengolahan data); mengolah data yang telah diperoleh siswa melalui kegiatan wawancara, observasi dan lain-lain. Data tersebut kemudian ditafsirkan.
5. Verifikasi; mengadakan pemeriksaan secara cermat untuk membuktikan benar tidaknya hipotesis dan dihubungkan dengan hasil dan pengolahan data.
6. Geenralisasi; mengadakan penarikan kesimpulan untuk dijadikan prinsip umum yang berlaku untuk semua kejadian atau masalah yang sama dengan memperhatikan hasil verifikasi.

Penerapan Belajar Penemuan
Beri satu pertanyaan dan biarkan siswa berusaha mencari jawabannya.
  1. Bagaimana terjadinya pelangi ?
  2. Biarkan siswa berdiskusi dengan teman dalam satu kelompok untuk menemukan jawabannya.
  3. Jika dibutuhkan, bantulah siswa dengan pertanyaan arahan, kapan terjadinya pelangi (pada sore hari), apakah setiap sore hari ada pelangi ? (tidak, hanya jika habis hujan), adakah hubungan habis hujan dengan pelangi?
  4. Jika telah menemukan penyebab terjadinya pelangi, dan darimana pelangi, maka siswa mulai mencoba dapatkah mereka membuat pelangi.
  5. Siswa dibiarkan untuk menemukan sendiri penguraian warna cahaya tersebut.
  6. Siswa diberi beberapa pertanyaan yang mengarah kepada bagaimana terjadinya pelangi.
  7. Bersama teman satu kelompok, siswa menyimpulkan terjadinya pelangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar