Tahap-tahap Penerapan Belajar Penemuan menurut Muhibbin Syah (1995):
1. Kegiatan dimulai dengan memberikan pertanyaan yang merangsang berpikir siswa, menganjurkan dan mendorongnya untuk membaca buku dan aktivitas belajar lain yang mengarah pada persiapan pemecahan masalah.
2. Problem statement (mengidentifikasi masalah); memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang relevan dengan bahan pelajaran, kemudian memilih dan merumuskannya dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara dari masalah tersebut)
3. Data collection (pengumpulan data); memberikan kesempatan kepada siswa mengumpulkan informasi yang relevan sebanyak-banyaknya untuk membuktikan benar tidaknya hipotesis tersebut.
4. Data processing (pengolahan data); mengolah data yang telah diperoleh siswa melalui kegiatan wawancara, observasi dan lain-lain. Data tersebut kemudian ditafsirkan.
5. Verifikasi; mengadakan pemeriksaan secara cermat untuk membuktikan benar tidaknya hipotesis dan dihubungkan dengan hasil dan pengolahan data.
6. Geenralisasi; mengadakan penarikan kesimpulan untuk dijadikan prinsip umum yang berlaku untuk semua kejadian atau masalah yang sama dengan memperhatikan hasil verifikasi.
Penerapan Belajar Penemuan
Beri satu pertanyaan dan biarkan siswa berusaha mencari jawabannya.
1. Kegiatan dimulai dengan memberikan pertanyaan yang merangsang berpikir siswa, menganjurkan dan mendorongnya untuk membaca buku dan aktivitas belajar lain yang mengarah pada persiapan pemecahan masalah.
2. Problem statement (mengidentifikasi masalah); memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang relevan dengan bahan pelajaran, kemudian memilih dan merumuskannya dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara dari masalah tersebut)
3. Data collection (pengumpulan data); memberikan kesempatan kepada siswa mengumpulkan informasi yang relevan sebanyak-banyaknya untuk membuktikan benar tidaknya hipotesis tersebut.
4. Data processing (pengolahan data); mengolah data yang telah diperoleh siswa melalui kegiatan wawancara, observasi dan lain-lain. Data tersebut kemudian ditafsirkan.
5. Verifikasi; mengadakan pemeriksaan secara cermat untuk membuktikan benar tidaknya hipotesis dan dihubungkan dengan hasil dan pengolahan data.
6. Geenralisasi; mengadakan penarikan kesimpulan untuk dijadikan prinsip umum yang berlaku untuk semua kejadian atau masalah yang sama dengan memperhatikan hasil verifikasi.
Penerapan Belajar Penemuan
Beri satu pertanyaan dan biarkan siswa berusaha mencari jawabannya.
- Bagaimana terjadinya pelangi ?
- Biarkan siswa berdiskusi dengan teman dalam satu kelompok untuk menemukan jawabannya.
- Jika dibutuhkan, bantulah siswa dengan pertanyaan arahan, kapan terjadinya pelangi (pada sore hari), apakah setiap sore hari ada pelangi ? (tidak, hanya jika habis hujan), adakah hubungan habis hujan dengan pelangi?
- Jika telah menemukan penyebab terjadinya pelangi, dan darimana pelangi, maka siswa mulai mencoba dapatkah mereka membuat pelangi.
- Siswa dibiarkan untuk menemukan sendiri penguraian warna cahaya tersebut.
- Siswa diberi beberapa pertanyaan yang mengarah kepada bagaimana terjadinya pelangi.
- Bersama teman satu kelompok, siswa menyimpulkan terjadinya pelangi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar